Andai waktu itu saya melompat dari jembatan Bus Transjakarta

Akhirnya nulis note juga,padahal kepengennya gak mau nulis note di fb haha.. ini tentang kejadian lebih dari satu tahun yang lalu yang gak pernah saya atau gue atau aku tulis atau ceritain secara lengkap. Mungkin dulu waktu kelas tiga say merasa yakin akan ini dan itu bahkan dalam halnya ujian,saya mungkin merasa sombong atau bagaimana,inginnya cepet keluar dari ruangan ujian karena jujur saya waktu sma kalo ngerjain ujian lama suka pusing sendiri di ruangan makanya coba cepat tapi hasilnya baik,dan saya berusaha untuk bisa cepat dan selamat, dan alhamdulillah bisa,maka saya dulu melihat pengumuman pmdk dari ptn-ptn yang ada,maka saya ikut salah satu dengan seleksi,hm waktu itu saya dan satu orang temen saya berusaha sendiri untuk ngisi data sekolah,input nilai,bla bla bla bla.. kami berdua mungkin yakin tetapi nasib berkehendak lain yah we set to nothing hmm tapi kami bangkit dan terus berusaha..

Nah saya mencoba untuk kedua kali mengikuti seleksi ke UGM lewat jalur PBOS atau seleksi olahraga dan seni,saya mulai optimis dan yakin bisa.. saya selalu yakin tetapi mungkin masih ada sifat sombong,saya masih ingat waktu tes diantar sama papa ke tempat tes di Yayasan Labschool Rawamangun sebelah UNJ,jujur saya gak mau mengecewakan kedua orang tua saya,saya inget sebelum masuk sekolah papa bilang,"ngerjainnya hati-hati ya".. pas di lokasiujian saya masih ingat di tempatkan di ruang kalo gak salah 52 bagian belakang yayasan labschool lantai 2 tempat Sekolah Dasar berada,ya pengawas masuk tes pertama TBS alias Tes bakat skolastik saya rasa saya mampu dan termin kedua Bahasa Inggris dan Matematika Dasar.. Saat melihat soal matematika walah apaan ini?? dan apa ini saya gak pernah ngadepin soal macem ini (maaf karena memang dulu saya gak begitu 'dong' di Matematika) skak mati saya,ngeliat itu udah pasti gak akan dapet.. hilang biaya pendaftaran yg memang lumayan gede,keluar ruangan saya diem saat menaiki jembatan bus Transjakarta yang ada di depan lokasi ujian disaat pikiran galau hm.. gue ngecewain orangtua lagi,apakah ini jalan hidupku? sempat berpikir untuk LOMPAT dari atas jembatan bus Transjakarta itu karena berpikir I'm finished man,I'm lose,I make my parents feel dissappointed for so many times (but our Parents are the most kind people gus,they are never complain if we fail,they always give us suppport,but in inside they are sad,but they wont to show their real feeling to us,they want us fight to reach what we want) hampir ide itu terlaksana untuk melompat keitka tiba2 saya sadar kalo gue mati konyol bukannya gue justru bikin ortu lebih kecewa?dimana tanggung jawab lu?? kalo lu gagal lu punya kewajiban untuk berhasil,maka dari itu saya memutuskan untuk pulang dengan bis transjakarta.

Di bis TJ tujuan dukuh atas saya inget betul milih duduk di t4 paling belakang karena saya jujur galau,jujur gaktau mau ngapain,ngadepin dua matpel seleksi aja tewas,gimana 4?? tapi entah disengaja atau memang sudah takdir ada bapak2 naik dan duduk di samping saya,dia mungkin melihat tampang saya yang melongo diem aja,maka dia bertanya kepada saya "habis darimana dik?",saya yang kaget hanya menjawab,"habis ikut ujian ptn pak" saya lupa apakah beliau alumni UGM atau nggak yang jelas beliau memberikan saya semacam cerita-cerita hingga dia bilang UGM mendirikan kampus pasca di Jakarta tepatnya di daerah tebet,dia memberi saya semangat.. sesampainya di dukuh atas pikiran untuk jump to nothing muncul lagi bahkan lebih kuat dengan alasan Suicide di Jalan terpenting di Jakarta menurut saya bahkan orang paling pintar pun gak akan mau.. tapi lagi2 wajah kedua orangtua saya muncul dan saya langsung pulang..

Sampe dirumah saya dijumpai orangtua saya yg menanyakan hasilnya tapi saya diam termangu layaknya hollow man atau orang yang habis dikecup dementor (soulless) orangtua saya tentu gak marah justru menyemangati terus "ya kan udah usaha serahin aja sama Allah" saya mengunci pintu kamar,beragam perasaan campur aduk ya marah,kesal pokoknya semua yang jelek-jelek ditujukan ke diri saya.. entah berapa lama di kamar hingga bisa normal lagi.. fast forwarding(waktu berjalan berupaya menghapus bayangan pbos dan terus belajar) tetapi waktu pengumuman pbos tiba saya yg sudah yakin gak lolos bahkan mulai keluar dari ruanan tes menyimpan sedikit asa,siapa tahu lolos.. tapi dugan saya benar fail again hm hari sabtu itu mata perih gak bisa disembunyiin,di sekolah ada pendalaman materi yang tumben dipindah ke lantai tiga (lupa kelasnya kelas berapa,antara X6 atau X7 atau X8) mata saya merah bahkan temen2 kaget,dit lu nangis??????

Mental down banget tapi saya selalu inget kalimat
"orang yang hebat adalah orang yang dapat bangkit dari kegagalannya" ya saya mencoba bangkit,mewujudkan impian masuk UGM atau UI.. ya saya termotivasi masuk di dua PTN tesebut,

1. Di UGM saya sangat tertarik ketika pertama kali lihat brosur UM covernya Gedung Pusat UGM entah kenapa sejak pertama kali lihat kayak ada bonding yang kuat (boleh percaya atau nggak terserah)
2. UI karena kebanyakan keluarga saya ada disana

Saya terus berusaha didampingi teman2 yg baik (ya teman salah satu faktor penyemangat kita),kita berusaha saya ingat dulu 'genk' saya punya koor lagu bohemian rhapsody!! kalo kita belajar,lagu itu hampirgak pernah absen..

Dan kesempatan masuk UGM terbuka juga melalui utul,dalem hati saya bilang ayo bisa!!!!! dan saya pergi ujian bersama dua diantara teman baik saya,sebut saya Turing dan Nadut bukan nama sebenarnya tapi nama keren mereka di Pb Soedirman Cijantung.. di ruang ujian saya makan permen karet untuk meredakan sifat ceroboh saya saat ujian,ujian berlangsung tetapi entah kenapa saat mengerjakan ujian saya lancar mengerjakannya bisa dibilang soalnya bersahabat,lantas saat saya keluar dari ruangan senyum-senyum sendiri padahal yang lain bilang soalnya sulit,hikmah dari kegagalan dulu yaitu sadar saya bukan siapa2 harus berusaha dan berdoa..Nah itu dia jangan pernah jadikan kegagalan sebagai akhir dunia tapi jadikan pelecut semangat kita semua.

Apa jadinya jika saya memilih lompat dari jembatan busway watu itu?? nothing,jadi lebih baik kita terus berusaha

izinkan saya mengutip beberapa lirik lagu motivasi (setidaknya versi saya)


Together We are Invincible - Invincible (Muse)

You can try the best you can,the best you can is good enough - Optimistic (Radiohead)

Don't give up,It's just the weight of the world - You are Loved {Dont Give Up} (Josh Groban)



AH

Comments

Popular Posts